Berisikan berbagai pengetahuan

animasi bergerak gif
animasi bergerak gif
animasi bergerak naruto dan onepiece
animasi bergerak gif

Pengertian topologi ring lengkap beserta gambar

ini dimana jamannya teknologi itu adalah segalanya bagi kehidupan, salah satu teknologi itu adalah internet, internet memiliki hubungan erat dengan yang namanya jaringan komputer, didalam jaringan komputer ada lagi model model jaringan yang disebut topologi jaringan. terdapat banyak sekali macam - macam topologi jaringan, Namun kali ini kita hanya akan membahas salah satu topologi yang ada, yaitu topologi ring.


Topologi Jaringan Ring


Topologi ring atau topologi cincin adalah Topologi jaringan yang rangkaiannya berupa titik yang mana masing-masing titik bagian kanan dan kirinya terhubung ke dua titik lainnya sampai ke komputer yang pertama dan akhirnya membentuk cincin atau lingkaran.

Titik yang ada pada topologi cincin tersebut berfungsi memperkuat sinyal di setiap rangkaiannya atau sebagai repeater. Cara kerjanya yaitu: komputer 1 berencana mengirim file ke komputer 4 ? supaya terkirim maka file harus melewati komputer 2 dan 3? baru kemudian komputer 4 menerima file tersebut.

Dengan metode seperti itu, sinyal dan aliran data tetap akan stabil. Arah aliran datanya bisa searah jarum jam atau berlawan dengan jarum jam, tergantung dengan kebutuhan


  • Karakteristik Topologi Ring
Berikut ini beberapa karakteristik dari topologi ring, yaitu:
1. Node-node akan dihubungkan secara seri pada kabel dengan membentuk jaringan yang terlihat seperti lingkaran.
2. Terlihat sederhana di dalam layout, sama halnya dengan jenis topologi bus.
3. Paket-paket data bisa mengalir ke dalam satu arah, entah ke kiri atau kanan sehingga membuat collision dapat terhindarkan.
3. Masalah yang terjadi bisa sama seperti pada topologi bus, jika terdapat salah satu node yang mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan seluruh node tidak akan berkomunikasi di dalam jaringan tersebut.
4. Tipe kabel yang biasanya digunakan adalah kabel UTP ataupun Patch Cable.


  • Cara  Kerja Topologi Ring
Untuk cara kerjanya sendiri, pada topologi ring setiap node memiliki fungsi sebagai repeater atau penguat sinyal untuk node baik sebelum ataupun sesudahnya. Sehingga setiap perangkat nantinya dapat bekerja sama untuk mendapatkan sinyal dari sebelumnya dan diteruskan ke node yang selanjutnya. Pada proses penerimaan sinyal serta penerusan sinyal data akan dibantu dengan alat yang bernama token.

Token sendiri berisikan data-data yang sumber nya dari komputer sebelumnya, setelah itu token tersebut akan mengalirkan data pada setiap titik atau node. Jika data tersebut dibutuhkan pada node maka data tersebut akan diterima oleh node tersebut. Namun saat node tidak dibutuhkan maka node tersebut akan dialirkan menuju node berikutnya. Data yang mengalir nantinya akan berjalan terus menerus sampai mencapai tujuan akhir.


  • Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring
Kelebihan:
1. Mudah dalam perancangan dan pembuatan
2. performa sinyal dan aliran data stabil, bahkan lebih baik dari topologi bus, meskipun mengalirkan data yang berat
3. Jika terjadi masalah, mudah untuk dilakukan konfigurasi ulang atau pemasang baru
4. Hemat dalam penggunaan kabel
5. Hemat dalam biaya

Kekurangan:
1. Jika ada satu komputer yang eror, maka keseluruhan jaringan juga akan ikut eror, solusinya adalah dengan penggunaan topologi ring ganda
2. Performa aliran lalu lintas data bergantung pada jumlah komputer pada jaringan tersebut

sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai salah satu topologi, semoga bermanfaat, Terima kasih.

Related : Pengertian topologi ring lengkap beserta gambar

0 Komentar untuk "Pengertian topologi ring lengkap beserta gambar"