Berisikan berbagai pengetahuan

animasi bergerak gif
animasi bergerak gif
animasi bergerak naruto dan onepiece
animasi bergerak gif

pengertian hardware beserta bagian - bagian utamanya

Jaman sekarang adalah jaman dimana banyak alat-alat canggih yang diciptakan oleh manusia yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaannya, Salah satunya adalah komputer. Ya komputer..!!! Siapa yang tidak tau yang namanya komputer, komputer adalah suatu alat yang awal mulanya diciptakan untuk memudahkan dalam  hitung-menghitung, Seiring berjalannya waktu dan majunya teknologi serta pemikiran manusia, sekarang komputer beralih fungsi dari yang pada awalnya hanya mampu melakukan perhitungan sekarang komputer mampu mencakup hampir keseluruh bagian kehidupan manusia. Mulai dari sarana hiburan, pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya.


Komponen atau pembangun pembangun komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian, yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware). Di dalam 2 Perangkat tersebut, masih terdapat beberapa bagian-bagian dan fungsinya masing-masing.

pada artikel kali ini saya akan membahas tentang hardware (perangkat keras) yang terdapat pada komputer.

Perangkat Keras (Hardware)



1.pengertian

Perangkat keras komputer atau disebut juga hardware merupakan seluruh perangkat komputer yang dapat di lihat secara fisik atau dapat diraba secara nyata yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam sistem komputer. sistem adalah komponen-koponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, maka akan berakibat tidak berfungsinya proses-proses yang ada pada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori perangkat keras (hardware)Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.


2.Bagian utama pada perangkat keras komputer

Pada umumnya terdapat 3 bagian utama dalam perangkat keras komputer yaitu bagian perangkat input, proses dan perangkat output. Setiap bagian ini mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda, dan jika salah satu bagian tersebut menemui kendala, tentu saja akan mempengaruhi kinerja komputer.

 Perangkat Input (Input Device)


Perangkat input atau input device di sebut juga sebagai unit masukan yang berfungsi untuk memberikan input pada komputer yang selanjutnya akan di proses dan di ekseekusi.
1)      Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric. jika mengetik tombol apapun dari keyboard , maka komputer akan membaca dan menyimpan perintah yang ketikkan sebagai perintah masukan yang seterusnya akan diberikan ke bagian pemrosesan untuk segera di proses.
2)      Mouse
Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan secara cepat. selain itu juga memberikan suatu perintah dengan hanya menggerakan, menekan (klik/doubel klik), dan menggulung (scroll) yang terdapat pada mouse. Didalam mouse ini terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). dengan demikian mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerja sebagai perangkat masukan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, anatara lain : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.
Pada saat ini seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras komputer, mouse juga mengalami beberapa perubahan baik dari segi desain dan bentuk. Sebagai contoh pada laptop masa kini mouse konvensional telah bisa digantikan dengan adanya touchpad yang memiliki fungsi yang sama dengan mouse terdahulu namun touchpad telah menyatu dengan bagian laptop itu sendiri sehingga lebih praktis dan fleksibel.
3)      Joystick
Joystick biasanya sangat sering kita lihat khususnya jika anda juga adalah seorang gamer komputer. Joystick berfungsi untuk memberikan perintah masukan pada komputer.
Sebagai contoh saat anda bermain game dan anda mengarahkan joystick baik itu  ke kanan ataupun ke kiri maka perintah tersebut akan di kirimkan ke dalam komputer sebagai perintah masukan yang selanjutnya akan di berikan ke bagian pemrosesan.
4)      Scanner
Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, yang berfungsi untuk menduplikat suatu objek layaknya mesin fotocopy, namun dalam bentuk digital. Scanner biasanya di gunakan untuk menyalin atau mengcopy sebuah dokumen seperti KTP, atapun dokumen penting lainnya baik itu berupa text ataupun gambar.
Hasil dari scan tersebut akan diberikan atau di masukkan ke dalam komputer yang selanjutnya bisa di gunakan atau di cetak.
5)      Microfon
Microfon adalah perangkat masukan yang dapat menkonversi energi akustik (gelombang suara) ke energi listrik (sinyal audio). Microfon sering digunakan untuk merekam suara yang sinyal audionya kemudian akan ditangkap oleh perangkat microfon dan di kirimkan ke komputer sebagai perintah masukan. Microfon juga digunakan pada saat pengguna melakukan teleconference.
6)      Webcam
Webcam merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menangkap sinyal video atau gambar dari pengguna untuk selanjutnya di masukkan ke komputer sebagai masukan
Perangkat webcam mempunyai kamera yang biasanya sudah di pasang di laptop. Jika menggunakan komputer ada juga webcam untuk di sambungkan ke PC.

Perangkat Proses (Process Device)


1)      RAM
RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan sementara data dan berbagai proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU atau komponen komputer lainnya  pada komputer. Jadi saat memberikan perintah masukan pada komputer, maka memori ram akan menyimpan perintah tersebut untuk sementara dan kemudian akan di kirimkan ke processor untuk di eksekusi. Idealnya, semakin besar jumlah RAM maka komputer akan semakin cepat karena semakin besarnya kapasitas RAM untuk menyimpan data dan proses. Namun ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.
2)      Processor / CPU
CPU (Central Processing Unit) atau yang lebih dikenal sebagai prosesor merupakan otak dari komputer. CPU bertugas melakukan kalkulasi dan mengeksekusi setiap perintah yang dijalankan di komputer. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori RAM komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah. Untuk mencegah overheat (panas berlebih), CPU biasanya dilengkapi heatsink dan kipas. Beberapa CPU juga ada yang dilengkapi sistem water cooling. Berbagai CPU modern saat ini sudah dilengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit).
Kecepatan kinerja dari sebuah komputer akan sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat processor yang dia miliki. Satuan dari processor di kenal dengan Hertz. Semakin tinggi kecepatan processor tentu semakin cepat kinerja sebuah komputer.
3)      Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit atau papan induk terintegrasi yang menjadi komponen utama dari sebuah komputer  yang berfungsi menghubungkan / meletakan dan mengkoordinasikan seluruh komponen utama komputer seperti Processor, RAM, VGA Card, Harddisk / SSD, cooling fan dan perangkat lainnya.
4)      Sound Card
Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah pelengkap komputer, namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer.
5)      Kartu Grafis / VGA
Kartu grafis atau yang biasa disebut VGA / GPU / Video Card adalah komponen komputer yang bertugas memproses grafis dan berfungsi untuk mengolah sinyal video agar menghasilkan akselerasi yan cepat dan tampilan yang tajam, halus dan cantik.Mayoritas pengguna komputer hanya memerlukan GPU internal (integrated), tetapi gamer, animator, desainer, dsb memerlukan dedicated GPU yang memiliki kapasitas besar sehingga bisa memproses grafis berat
6)      Harddisk (HDD) / SSD
Hardisk adalah media penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan data secara permanen, termasuk juga sistem operasi. Selain HDD (Hard Disk Drive) konvensional, saat ini SSD (Solid State Drive) juga sudah populer digunakan, terutama di laptop, netbook, atau PC portabel lainnya. Dibandingkan HDD, SSD memiliki kecepatan baca / tulis yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih hemat penggunaan daya karena tidak menggunakan komponen mekanik didalamnya.
7)      Power supply
Power Supply Unit (PSU) adalah komponen yang mengkonversi listrik arus AC menjadi DC bervoltase rendah, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber daya bagi semua komponen – komponen komputer  yang lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.
Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.


Perangkat Output (Output Device)


1)      Monitor 
Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Agar pengguna bisa berinteraksi dengan komputer tentu setiap pengguna harus bisa melihat tampilan dari komputer tersebut, dan inilah fungsi dari screen atau monitor.Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
2)      Printer
Sama halnya dengan monitor, printer merupakan perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks/gambar di atas kertas (hard copy). Berdasarkan teknologi yang digunakan saat ini, jenis-jenis printer yang banyak ditemui adalah printer Dotmatrix, printer Inkjet dan printer Laserjet
3)      Speaker
Speaker merupakan perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker mempunyai peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika di dukung oleh perangkat yang bernama sound card.
Speaker merupakan perangkat keras yang bertugas untuk mengolah sinyal audio sehingga suara yang di hasilkan komputer bisa di dengarkan oleh pengguna. Speaker sendiri ada yang sudah di satukan dengan komputer seperti halnya laptop dan gadget lainnya.
Namun begitu  bisa saja ditambahkan speaker lainnya untuk di hubungkan ke komputer guna mendapakatkan hasil audio yang lebih bagus 
4)      Proyektor LCD
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar. Untuk menampilkan video/ gambar, proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.

Itulah perangkat-perangkat keras (hardware) utama pada komputer. Namun untuk lebih memudahkan dan memenuhi kebutuhan pengguna, Maka terdapat perangkat-perangkat keras lainnya yang sering digunakan.


Pheriperal Atau Perangkat Keras Penting Lainnya


1)      Storage
Storage atau dikenal dengan media penyimpanan merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan external seperti floppy disk, usb ataupun flashdisk dan harddisk external.
Storage ini sangat membantu pengguna komputer dalam hal menyimpan data. Dengan adanya storage, data akan mudah di simpan dan bisa di bawa kemana-mana dengan mudah dan flexible tanpa perlu membawa hardisk komputer.
2)      CD/DVD RW
Meskipun masih populer dan banyak digunakan, CD/DVD-ROM sudah semakin jarang ditemui di komputer modern, khususnya di PC portabel seperti laptop dan netbook. Optical Drive seperti CD/DVD-ROM berfungsi untuk membaca dan menulis data ke optical disc seperti CD dan DVD. CD/DVD RW juga berfungsi untuk memburning  data ke dalam CD ataupun DVD.
3)      LAN Card
LAN Card (Local Area Network) merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai kartu jaringan. Dengan adanya kartu jaringan di komputer akan menjadikannya bisa terhubung satu sama lain di dalam jaringan komputer.
4)      Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan perangkat keras komputer yang di gunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem sendiri berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital di konversi oleh modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang berbentuk sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk digital agar dapat diolah oleh komputer.
5)      Cashing CPU
Casing komputer (case) adalah bagian yang menjadi “rumah” bagi sebagian besar komponen komputer. Mayoritas desktop PC memiliki casing box baik dari plastik ataupun metal. Namun untuk AIO (all-in-one) PC, casing komputer ini didesain ringkas dan seringkali langsung menyatu dengan layar monitor.
Selain menjadi tempat bagi mayoritas komponen-komponen komputer, casing juga melindungi komponen tersebut dari debu.
Di dalam cashing inilah motherboard komputer dan perangkat pendukung lainnya di letakkan dan di susun sedemikian rupa. Cashing sendiri telah dirancang sebaik dan seefektif mungkin oleh pembuatnya agar terlihat lebih simple dan mampu memproteksi komponen yang ada di dalamnya.
6)      Fan
Fan atau kipas merupakan perangkat keras yang berguna sebagi cooler atau pendingin sehingga panas yang di kelauarkan oleh komponen komputer dapat di serap, dengan demikian panas yang berlebih atau overhat dapat di hindari.
Penggunaan kipas banyak di tambahkan pada perangkat keras yang umumnya mempunyai kinerja dan menghasilkan panas tinggi, seperti kipas pada processor, kipas memori, hardisk, ups, motherboard dan sebagainya.
8)      UPS
Power supply atau di kenal juga dengan UPS (Uninterruptible power supply) merupakan perangkat keras yang di gunakan untuk menjaga ke stabilan daya atau voltase pada komputer sehingga daya yang diberikan ke perangkat komputer tidak melebihi batas normal.
UPS ini juga berfungsi untuk melindungi komputer jika arus listrik mati tiba-tiba. Dengan menggunakan ups, maka sekalipun arus listrik mati maka ups masih mampu memberikan daya dan membiarkan komputer anda hidup beberapa saat sehingga masih sempat menyimpan data dan mematikan komputer dengan cara yang aman.

Related : pengertian hardware beserta bagian - bagian utamanya

0 Komentar untuk "pengertian hardware beserta bagian - bagian utamanya"