Berisikan berbagai pengetahuan

animasi bergerak gif
animasi bergerak gif
animasi bergerak naruto dan onepiece
animasi bergerak gif

pengertian motherboard beserta fungsinya


Sudah kita ketahui bahwa computer sudah tidak asing lagi bagi kehidupan kita, baik itu dirumah, disekolah, dikantor pasti ada yang namanya komputer. Nah!!! Apakah anda tahu bagian-bagian  perangkat penyusun komputer ini. Perangkat penyusun komputer antara lain adalah hardware, software, dan brainware.
Pada artikel saya kali ini saya akan menjelaskan sedikit tetang salah satu perangkat dari hardware atau perangkat keras penyusun komputer ini, yaitu motherboard.

PENGERTIAN MOTHERBOARD
Motherboard atau bisa disebut mainboard, systemboard, logicboard, baseboard, atau Mobo. Merupakan sebuah printed circuit board (PBC) yang memiliki chip BIOS (program penggerak)  dan bertindak sebagai tulang belakang pada sebuah komputer.
Atau bisa kita artikan sebagai papan induk bertugas sebagai penghubung dari semua perangkat-perangkat komputer lainnya, baik secara langsung atau tidak langsung. Dalam sistem komputer, peripheral-peripheral akan saling terhubung didalam motherboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Selain itu motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, keyboard, dan mouse.
FUNGSI MOTHERBOARD
Peran dari motherboard sebagai tulang belakang komputer bukan hal yang tidak beralasan, sebab motherboard memiliki berbagai macam fungsi. Selain dengan fungsi utamanya yaitu sebagai media penampung komponen komputer motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode basic input/output system (BIOS) pada chip read only memory (ROM). Kode BIOS adalah sebuah firmware yang mana firmware tersebut tidakakan hilang meski kompuetr dalam kondisi off. Firmware juga tidak dapat diubah oleh proses sistem operasi yang normal atau software aplikasi. Selain itu juga ada terdapat kumpulan slot-slot yang memungkinkan pengguna menambahkan perangkat-perangkat eksteral yang mampu meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu, perangkat yang dimaksud adalah printer, keyboard, mouse, jack audio, harddisk eksternal, ataupun  joy stick yang dihubungkan langsug menggunaka port-port yang telah disediakan.


sekian artikel dari saya, semoga bemanfaat dan menambah wawasan anda sekalian, saya ucapkan terima kasih.

Related : pengertian motherboard beserta fungsinya

0 Komentar untuk "pengertian motherboard beserta fungsinya"