Berisikan berbagai pengetahuan

animasi bergerak gif
animasi bergerak gif
animasi bergerak naruto dan onepiece
animasi bergerak gif

pengertian mouse


SEJARAH SINGKAT MOUSE
Orang yang pertama kali menemukan Mouse komputer ialah Douglas Engelbart, dia memperkenalkan mouse pertama kali pada tahun 1963. Lalu Douglas Engelbart pada tahun 1970 memperkenalkan mouse yang bisa mengetahui letak X-Y pada monitor, mouse ini diberi nama X-Y Position Indicator. Dan akhirnya Xerox berhasil menyempurnakan mouse komputer yang ditemukan Douglas Engelbart, dan secara komersial digunakan oleh apple dan microsoft. Itulah mengapa Dougolas Engelbart sangat berjasa dalam dunia komputer.



PENGERTIAN MOUSE


Seperti yang sudah kita ketahui mouse merupakan salah satu perangkat peripheral yang sangat dibutuhkan untuk digunakan dalam pengoperasian komputer, tanpa mouse maka komputer yang kita gunakan tidak akan bisa kita gunakan secara normal. Bisa dikatakan komputer akan terasa kurang lengkap atau bahkan kinerjanya sangat menurun jika tidak ada mouse di dalam penggunaannya. Hal ini terkecuali jika kita menggunakan laptop, karena pada laptop touchpad digunakan sebagai pengganti mouse.

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input (masukan) berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll). Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.
Fungsi mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat. Di dalam perangkat mouse ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

Mouse mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat pesat sejak awal kemunculannya yang mana masih menggunakan sebuah bola kecil pada bagian bawahnya yang berguna sebagai sensor hingga mouse yang sekarang yang bahkan tidak lagi membutuhkan kabel sebagai media penghubungnya. Dan tentunya juga hal ini bisa kita lihat dari segi bentuknya, device ini memilki bentuk yang monoton. Namun kini jika kita berburu di toko komputer baik online maupun di toko komputer, kita akan menjumpai banyak sekali variasi bentuk mouse.


FUNGSI MOUSE



Seperti telah dijelaskan di atas, mouse memiliki fungsi utama sebagai pointing device, yakni untuk menggerakan pointer pada layar monitor baik itu komputer maupun laptop. Namun selain fungsi tersebut, mouse ini mempunyai banyak kegunaan yang sering tidak kita sadari. Berikut adalah beberapa fungsi mouse yang perlu anda ketahui:

1. Untuk mengeksekusi suatu program

Mouse memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita akan sangat sering menggunakan mouse untuk membuka file atau menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun program dapat dibuka dan dijalankan dengan cara melakukan double click.

2. Untuk memilih objek

Memilih merupakan aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulai dari memilih file, folder, bahkan kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft Word. Dengan menggunakan mouse kita dapat melakukan pilihan sesuai keinginan.

3. Melakukan drag dan drop

Dengan menggunakan mouse kita seringkali melakukan proses drag and drop pada item-item di dalam komputer kita, mulai dari operasi move, cut, sampai copy. Dengan didukungnya kemampuan ini melalui mouse, memudahkan kita dalam melakukan operasi-operasi sederhana tersebut.

4. Mendapatkan informasi melalui hover mouse

Hover adalah keadaan dimana pointer kita berada pada menu, file, atau folder tertentu. Ketika pointer ada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah informasi ditampilkan. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips. Fungsi ini sangat berguna bagi kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang akan kita click. Mungkin Anda kurang perhatian dengan fitur yang satu ini. Jadi ketika Anda mengoperasikan komputer atau laptop Anda, cobalah untuk melakukan eksplorasi mengenai fitur hover ini.

5. Melakukan operasi scroll

Coba Anda cermati apa yang paling sering Anda lakukan ketika tengah membaca artikel-artikel dalam halaman ini. Ya. Benar sekali. Anda paling banyak melakukan scrolling, yaitu proses menjelajah isi halaman dengan menggulungnya.
Tentu scrolling bukanlah satu-satunya cara supaya Anda bisa membaca artikel ini terus ke bawah. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan tanda panah (arrow) pada keyboard Anda. Namun itu akan sangat tidak praktis. Jelas bahwa fitur dukungan mouse ini sangat membantu aktivitas Anda dalam mengoperasikan komputer maupun laptop Anda.

6. Fungsi lain mouse

Fungsi lain yang dimaksud di sini adalah fungsi-fungsi lanjut dari mouse yang umumnya digunakan pada bahasa pemrograman. Jika Anda adalah seorang programmer, tentu Anda tidak asing dengan hal ini. Sebagai contoh ketika kita membuat sebuah program, kita menginginkan suatu event berjalan ketika mouse sedang melakukan suatu prosedur.


sekian informassi yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian mouse, fungsi mouse dan sejarah singkat mengenai mous, semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat pembaca. sekian terima kasih


Related : pengertian mouse

0 Komentar untuk "pengertian mouse"